cerita - cerita tersebut cuma sekedar hiburan | kalau ada persamaan tempat, nama, kami mohon maaf | follow n' koment yaa...

Pengertian, Penyebab dan Ciri Pubertas

Diposkan oleh masa puber on Kamis, 08 Desember 2011

1. Pengertian

Masa puber adalah masa dimana seseorang mengalami perubahan struktur tubuh dari anak-anak menjadi dewasa. Masa pubertas ditandai dengan kematangan organ-organ reproduksi, baik organ reproduksi primer maupun sekunder. (Moeliono,2006)

Pengerttian pubertas berasal dari kta puberte, latin yang berarti matang. Adolesence dari kata adolescentia, latin yang berarti menjadi dewasa msa yang sangat penting pada pertumbuhan yaitu masa peralihan dari massa kanak-kanak ke massa dewasa. (Suryanah, 2000)

2. Ciri Pubertas

Pada anak perempuan, masa puber hormon estrogen dan progesteron mulai berperan aktif akan mengalami perubahan fisik, seperti tumbuh payudara, panggul mulai melebar dan haid, akan mulai tumbuh bulu-bulu halus di sekitar ketiak dan vagina, dan perubahan fisik lainnya seperti kulit dan rambut mulai berminyak, lengan dan kaki bertambah panjang, vagina mengeluarkan cairan. Untuk seorang anak perempuan, tanda-tanda itu biasanya muncul pada usia 10 tahun ke atas dan pada anak laki-laki, biasanya lebih lambat, yaitu pada usia 11 tahun ke atas. (Moeliono, 2006)

3. Penyebab Munculnya Pubertas

Ada tiga hal yang menjadi masa puber, yaitu peran kelenjar pituitary, peranan gonad, dan interaksi kelenjar pituitary dan gonad. Ketiga hal ini dinamai hurlock dengan kondisi-kondisi yang menyebabkan perubahan masa puber:

a) Peran kelenjar pituitary

Kelenjar pituitary memproduksi dua hormon: hormon pertumbuhan yang berpengaruh dalam menentukan besarnya individu, dan hormon gonadotrofik yang merangsang gonad untuk meningkatkan aktivitasnya. sebelum datangnya masa puber, jumlah hormon gonadotofik bertambah secara bertahap, demikian pula kepekaan gonad terhadap hormon gonadotrofik. Dalam kondisi itulah terjadinya perubahan-perubahan pada masa puber.

b) Peranan Gonad

Seiring pertumbuhan dan perkembangan gonad, bertambah besarlah organ-organ seks yaitu ciri-ciri seks primer daan fungsinya pun menjadi matang. Begitu pula ciri-ciri seks seks sekunder seperti berkembangnya rambut kemaluan.

c) Interaksi kelenjar pituitary dan gonad

Hormon yang diproduksi gonad, yang di rangsang oleh hormon gonadotrofik yang diproduksi oleh kelenjar pituitary, kemudian bereaksi terhadap kelenjar ini dan secara berangsur-angsur mengakibatkan penurunan jumlah hormon pertumbuhan yang diproduksi sehingga menjadi proses pertumbuhan terhenti. Interaksi antara hormon gonadotrofik dan gonad terus berlangsung sepanjang kehidupan reproduksi individu, kemudian berkurang secara perlahan saat laki-laki mendekati climacteric dan wanita mendekati menopause. (AL-migwar,2006)

Sehubungan dengan masalah seksual, ada beberapa ciri utama dari masa pubertas yaitu:

1. Ciri Primer

Yaitu matangnya organ seksual yang ditandai dengan adanya menstruasi (menarche) pertama pada anak perempuan dan produksi cairan sperma pertama pada anak laki-laki.

2. Ciri Sekunder

Meliputi perubahan pada bentuk tubuh pada perempuan dan laki-laki. Anak wanita mulai tumbuh buah dada, panggul membesar, paha membesar dan tumbuh bulu-bulu pada alat kelamin. Pada laki-laki terjadi perubahan otot, bahu melebar, suara mulai berubah, tumbuh bulu-bulu pada alat kelamin dan ketiak serta kumis pada bibir.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar